Jumat, 26 Februari 2010

Berapa Jumlah Bendungan di Sungai Columbia?

Jumlah persisnya sangat tergantung dari bagaimana anda menghitungnya. Beberapa sumber menyebut angka 11 buah, yang lain 14 buah di Sungai Columbia saja. Tetapi, tambahkan dengan 250 buah atau lebih jika anda menghitung juga 10 anak sungai utama. Secara keseluruhan, sistem perairan sungai yang luar biasa besar ini menyediakan listrik tenaga air lebih besar dibandingkan bagian lain Amerika.

Dari hilirnya di Pegunungan Rocy di Kanada, Sungai Columbia berkelok-kelok di beberapa tempat dan bertangga-tangga pada bagian yang lain, sepanjang 1.243 mil (2.000 kilometer) sebelum tumpah ke Samudera Pasifik. Sistem ini meliputi luasan 259.000 mil persegi (670.807 kilometer persegi) di Provinsi Alberta, Kanada, dan tujuh negara bagian di Amerika Serikat (AS) yaitu Idaho, Montana, Nevada, Oregon, Washington, dan Wyoming.

Bendungan yang pertama dibangun di Sungai Columbia yaitu Bendungan Rock Island, selesai dibuat pada tahun 1932, tetapi dalam satu dekade berikutnya dua bendungan yang lebih besar dibangun yaitu Bendungan Bonneville dan Bendungan Grand Coulee. Grand Coulee menghasilkan cukup banyak listrik sehingga bisa memasok hampir seluruh kebutuhan Kota Portland, Oregon.

Selain menghasilkan listrik, bendungan-bendungan di Sungai Columbia dan anak-anak sungainya menyediakan air irigasi di tanah-tanah yang bila tidak ada sistem sungai ini adalah berupa tanah gundul. Para pecinta lingkungan tentu saja menyesali hilangya jenis-jenis makhluk hidup yang sebelumnya banyak terdapat di sepanjang sungai yang belum dijamah.
(Sumber:GeoWeek)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar